Kontras pada Desain Layout

DESAINEWS - Masih dalam konsep dasar Desain Layout, sebelum memahami InDesain. Kontras merupakan hal terpenting lainnya dalam sebuah desain. Kontras pada desain layout merupakan penekanan di area tertentu, memberikan daya tarik dan variasi beragam pada sebuah desain. Hampir di semua bidang yang berkaitan dengan rasa 'keindahan' selalu memberikan kekontrasan untuk menjadikan sebuah desain memiliki rasa yang berbeda.

Kontras pada Desain Layout

Kontras umumnya dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :

Pada desain layout, kontras bisa diberikan pada huruf, kata, kalimat atau paragraf. Dengan memberikan efek Bold (huruf tebal), italic (huruf miring), underline (huruf bergaris bawah) uppercase, lower case, sentence class dan title case. Efek-efek tersebut akan memberikan kesan yang tidak membosankan pada sebuah layout.

Kontras pada sebuah desain layout bisa juga dengan memberikan huruf yang berbeda pada keseluruhan layout halaman. Tapi Anda juga harus hati-hati dalam memilih kekontrasan pada huruf, harus dipertimbangkan secara hati-hati, jangan sampai penambahan kekontrasan pada huruf yang berlebihan justru akan mematikan inti desain secara keseluruhan.

Kontras merupakan metode alternatif yang dapat menghasilkan layout yang dinamis secara visual. Untuk menghasilkan desain layout yang menarik, Anda bisa bereksperimen dengan menambahkan unsur-unsur pembentuk desain lainnya, misalnya dengan menggunakan proporsi huruf yang lebih besar sehingga mendominasi body teks atau bisa juga dengan memberikan illustrasi atau gambar.

Kontras pada warna tidak dibatasi oleh warna yang sudah dikenal secara umum. Akan tetapi kontras warna bisa dimunculkan dengan menempatkan warna kebalikannya tetapi dengan tetap memperhitungan keharmonisannya. Misalnya kontras warna hitam dengan latar belakang warna putih, atau warna yang menyolok dengan latar warna muda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url